Sobatan sama cewek tuh asik, soalnya cewek perhatiannya lebih gede. Cuma sobatan sama cewek susah-susah gampang, jack. Pasalnya, berantem dikit aja rentan bubaran (alias musuhan)! Makanya elo mesti pinter-pinter menjaga hubungan persahabatan.

aa

Sobatan sama cewek nggak sama rasanya dengan sobatan sama cowok. Soalnya, ada beberapa perbedaan khas antara karakter cewek pada umumnya dengan karakter cowok pada umumnya. Perbedaan-perbedaan ini kadang suka jadi benturan. Lantaran beda pikiran, kita dan sobat pun jadi salah paham. Ngotot-ngototan atau diem-dieman sampe akhirnya hubungan persahabatan jadi renggang.

Mestinya sih keadaan ini nggak perlu terjadi. Toh, biarpun berbeda kita masih bisa kok cari jalan tengah untuk menyelesaikan masalah. Tapi yang paling asik ya mencegah jangan sampe ada clash. So, gimana caranya supaya kita bisa menghindari clash sama sobat cewek? Baca do’s and don’t dibawah ini!

DO’S:
1. Curhat!
Man, lo tau kan kalo cewek itu lebih perasa daripada cowok? Makanya mereka ini asik banget buat diajak berbagi rasa. Mereka sendiri juga ngerasa lebih dibutuhin kalo lo mau nyeritain segala kebahagiaan, kesedihan, juga kemarahan lo.

2. Bersikap melindungi.
Sobat cewek lo tergolong “mahluk” yang lembut? Atau termasuk cewek tough dan mandiri? Gimanapun karakternya, satu hal yang perlu lo inget, yang namanya cewek tetap ingin dilindungi sama cowok, apalagi sama sang sahabat. Soalnya, lo kan orang yang paling deket sama dia, lebih deket mungkin ketimbang pacarnya. Jadi sebisa mungkin lo jagain deh dia, terutama dari pengaruh-pengaruh “setan” disekitarnya.
3. Ngertiin saat-saat sensitifnya.
Udah rahasia umum kalo cewek itu sensitif dan gampang berubah mood. Gawatnya, dalam satu bulan ada beberapa hari yang cewek jauh lebih sensitif (hmm, tau kan lo kapan saat-saat itu? Kalo nggak tau, biasanya dia sensitif saat lagi “dapet”). Nah, kalo sobat cewek lo lagi sensitif gini, mending nggak usah cari gara-gara deh. Kalo dia tiba-tiba jutek atau diem kayak patung, ya dimaklumi aja lah. Bersikap cool adalah jalan paling aman.

4. Kalo lo punya pacar, jangan lupa dikenalin.
Ini bisa jadi sumber masalah dikemudian hari. Dude, pacar lo kan cewek, sobat lo juga cewek. Cewek sama cewek kalo deket sama satu orang cowok yang sama, rentan kena “penyakit” jealous. Biarpun status keduanya jelas-jelas berbeda, tapi kalo salah satu ngerasa elo lebih mentingin yang lain, pasti yang satu lagi langsung merasa disisihkan. Jadi sebelum kondisi nggak enak ini terlanjur terjadi, mending dari awal lo kenalin deh pacar lo ke sobat cewek lo. Terus, usahakan supaya mereka juga deket satu sama lain.

5. Biasain ngomong jujur.
Di pikiran sebagian besar kaum hawa udah kadung bercokol doktrin bahwa cowok itu suka omdo. Jago ngeles dan jago nyenengin hati perempuan lewat kata-kata. Padahal kadang-kadang lain di mulut lain yang dikerjain. Sebagai sobat sebisa mungkin hindari deh kebiasaan omdo ini. Kalo elo lagi nggak nyaman ngomong atau jalan bareng sobat lo, bilang aja terus terang alasannya. Nggak usah takut-takut, dia pasti bakal lebih ngerti deh. Soalnya, perasaan deketnya seorang sobat beda kok dengan perasaan deketnya seorang pacar.

DON’T:
1. Jangan mengkritik terlalu keras.
Kalo ada kelakuan atau omongan sobat cewek lo yang nggak kena di hati, sah-sah aja kalo elo berniat mengkritiknya. Cuma aja, tolong deh cara nyampeinnya jangan terlalu to the point. Soalnya, seperti yang udah sering dibilang di atas, cewek itu “mahluk” yang sensitif, cewek itu “mahluk” yang perasa! Makanya kalo elo kelewat keras menyampaikan kritik, sobat lo bukannya jadi ngerti, malah mikir yang nggak-nggak. Jadi, mending lo ajak dia berdiskusi dan giring pikirannya supaya dia bisa menanggapi complain lo dengan lebih rasional.

2. Jangan cuekin pendapatnya.
Setiap orang selalu butuh second opinion, apalagi kalo lagi kebelit masalah. Nah, sobat adalah orang yang paling tepat dimintai pendapat, karena dia pasti lebih kenal kita ketimbang temen yang lain. Cuma aja, karena sobat cewek mikirnya suka lebih banyak dengaan perasaan, pendapat yang diutarakannya kadang nggak seperti yang kita mau. Tapi, pendapat mereka belum tentu nggak bener kok. Kalo lo teliti lagi lebih jauh, pasti di antara sekian banyak pendapatnya ada aja yang bener dan bisa dipake. So, kalo sobat lo ngasih pendapat, jangan buru-buru nolak atau nyuekin.

3. Jangan paksa dia ngikutin semua kegiatan lo.
Cewek yang bisa jadi sobat lo pasti orangnya asik. Bisa ngerti dunia cowok dan bisa beradaptasi dengan lifestyle cowok. Tapi, sebisa-bisanya sobat cewek lo ngikutin aktivitas elo, nggak semuanya lah bisa dia ikuti. Biar gimanapun ada aja kebiasaan atau kegiatan cowok yang nggak bisa dia terima dan dia nikmati. Dan elo harus menghargai ini. Toh, elo juga kayak gitu. Elo juga nggak bakal betah kan seharian muterin mal cuma buat window shopping atau duduk berjam-jam di cafe dengan acara ngegosip doang.

4. Jangan cuekin dia saat curhat.
Kalo lo lagi curhat, sobat cewek lo pasti bakal duduk anteng dan selalu menunjukkan tampang perhatian. Yup, katanya sih cewek emang pendengar yang baik ketimbang cowok. Mereka tuh lebih sabar lho. Tapi, saat dia curhat, dia juga pengen orang yang dijadiinnya “tong sampah” bersikap seperti itu. Makanya elo mesti bisa begitu. Yah, emang sih kadang-kadang bete juga, apalagi kalo isi curhat doi mellow banget. Tapi jangan dicuekin lah, kasian! Mending elo coba alihkan pembicaraan aja.

5. Jangan coba-coba merayunya.
Jack, namanya cowok berhadapan sama lawan jenis kadang-kadang suka aja muncul pikiran iseng. Alih-alih pengen ngetes, coba-coba deh ngeluarin jurus-jurus pemikat. Eits, don’t do this! Cewek tuh punya satu kelemahan, gampang terbuai gombalan cowok. Sekali aja rayuan lo kena dihatinya bisa-bisa perasaan dia ke elo berubah, tadinya sobatan sekarang pengen jadi pacar! Kalo begini kan bisa runyam coy. Iya kalo elo beneran cinta, lha kalo nggak, gimana nolaknya?

sumber: http://www.hai-online.com